405 comments

  1. pk mau nanya,ane beli motor nopol palembang,bisa gak ngurus ngurusnya di daerah saya tinggal,mohon jawabannya….

  2. pagi samsat,
    ini sy sdh cabut berkas dr banten,berkas sdh sy terima tinggal sy masukkan di samsat malang,pertanyaannya :
    1. selanjutnya sy hrs kmn? ada yg bilang ke samsat mlg dulu untuk cek fisik baru kemudian ke polda jatim utk cross cek berkas,namun ada yg bilang ke polda jatim dl br ke samsat mlg? mohon petunjuknya..
    2. utk cross cek di polda jatim kira2 membutuhkan wkt brp lama n brp biayany? soalnya sy krj jg ga bs bolak balik mlg sby..
    trimas kasih atas infonya

  3. Saya urus mutasi motor dari gorontalo ke bogor. Saat ini tinggal tunggu berkas dari polda, karena terlalu lama saya cek langsung. Disana sudah ada berkas saya, tapi pengesahan tanda tangan pejabat wewenang yg belum. Alasan nya beliau di luar daerah, tidak tau kapan kembali. Waktu kepengurusan hanya dibatasi 1 bulan di derah tujuan mutasi yg baru. Bagaimana saya harus bersikap?? Bisakah pejabat yg lain gantikan wewenang tanda tangan berkas mutasi saya??

  4. Pak saya mau naya klo mutasi atau cabut berkas harus pake ktp pemilik awal

  5. mau tanya pa..kl sy beli motor plat B dan pajak mati 4 thn. mau pindah k plat F. apa sj yg hrs sy bawa ke samsat utk lunasi pajak dan cabut berkas. saya tidak punya ktp pemilik lama. hanya ada stnk, bpkb dan kuitansi

  6. Saya mau tanya klo mau cabut berkas pajak habis 15 september 2016 saya memasukkan berkas tanggal 10 agustus 2016 ternyata proses cabut berkasnya lebih dari 1 bulan dan baru selesai setelah tanggal 15 september 2016 apakah saya harus membayar pajak untuk periode 15 september 2016-15 september 2017 atau gimana perhitungannya?

  7. Mohon maaf, saya ingin bertanya. Saya baru melakukan prosea mustasi dan balik nama mobil dri bandung ke karawang, yg ingin saya tanyakan, untuk BPKB yg baru, apakah saya harus mndaftarkan BPKB baru saya ke POLDA Jabar apa tidak ?

  8. Bagai mana cara cabut bendel dan syarat syaratnya ? Dimana alamat cabut bendel untuk kendaraan engkel yg alamat stnknya jl jagir sidomukti kec wonokromo surabaya. Dan saya mau mutasikan ke sidoarjo.Terima kasih pak dan mohon penjelasannya.

  9. Bagaimana cara ,syarat ,dan tempat untuk cabut bendel kendaran yg alamatnya di surabaya selatan dan akan saya mutasi ke krian .thks

  10. kenapa harus cabut berkas k banjarbaru. padahal nama dan alamat banjarmasin di camtum di BPKB. knpa d samsat a.yani bilang harus ke polda banjarbaru.

  11. Dear samsatku,

    motor saya beli di tuban jatim mau cabut berkas ganti plat N, mohon info caranya dan biayanya? soalnya saya tinggal di malang, mohon diemail ke email saya

    terima kasih

  12. Apa benar jika ingin bayar pajak kendaraan R2 Alamat KTP harus sesuai fengan yang tertera di STNK motornya?Jika demikian bagainana jija yang bersangkutan sudah pindah domisili lain Kab.sedangkan KTP sesuai UU/PP tidak boleh Ganda

  13. Saya mau bayar pkb R2 tapi alamat KTP di STNK dan alamat KTP saat ini tidaj sesuai karena daya sudah pindah domisili ke lain Kabupaten.apakah ALAMAT KTP HARUS SESUAI DENGAN YANG TERTERA DI STNK MOTOR SAYA?Sedangkan saya sudah pindah domisili otomatis KTP LAMA DITARIK OLEH DISDUKCAPIL KAB. TEMPAT SAYA SEKARANG!Bagainana solusunya?

  14. Apa benar jika ingin bayar pajak kendaraan R2 Alamat KTP harus sesuai fengan yang tertera di STNK motornya?Jika demikian bagainana jija yang bersangkutan sudah pindah domisili lain Kab.sedangkan KTP sesuai UU/PP tidak boleh Ganda

  15. Selamat Siang Pak.

    Saya ingin bertanya, Saya berminat membeli kendaraan roda empat ( Tua & bekas ). Surat – suratnya lengkap tapi sudah dicabut dari daerah asalnya ( Jawa Timur ), namun sudah lebih dari satu tahun surat – suratnya belum dimasukan kembali k’samsat yang dituju ( Jakarta ) . bila saya beli kendaraan tsb & ingin mengurus kembali surat suratnya apakah masih bisa pak..??

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  16. assalammualaikum
    selamat siang admin,saya indra di jakarta.saya ingin bertanya,saya beli motor second asal tangerang pajaknya mati 4 tahun dan pajak kaleng (plat nomor) nya juga mati.rencananya saya ingin mutasi ke cimahi dan balik nama motor ini,yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. dimana saya harus membayar pajak motor yang telat tersebut?di samsat yang lama atau samsat baru setelah mutasi dan balik nama?
    2. Untuk kaleng (plat nomor) apakah bebas denda ?

    mohon jawabannya
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

  17. Mau tanya pak…sy ingin melakukan pencabutan berkas sekaligus pengurusan balik nama atas kendaraan vw kodok thn 1974 dr jakarta ke kupang ntt (stnk, bpkb lengkap). Dari samsat jkt meminta kami mengubungi samsat di kupang utk menerbitkan surat yg menyatakan bersedia menerima kendaraan thn tsb. Sy sdh menghubungi samsat di kupang, jawaban nya mereka blm pernah menerbitkan surat dimaksud dan mereka meminta contoh salah satu surat dr samsat jkt agar mereka membuat surat keterangan spt yg dimaksud. Kira2 sy harus menyampaikan hal ini ke samsat jkt atau bgm krn setahu saya di kupang masih bisa terima kendaraan dibawah thn 1990. Mohon info selanjutnya. Trm ksh

  18. Selamat malam pak. Maaf pak saya mau nanya bisa gak pak motor saya ini beli nya seken dengan org tpi daerah nya Banyuasin sedangkan saya di Palembang apakah bisa saya mutasi dipalembang. Dan persyaratan mutasi nya apa saya ya pak mohon ini informasi nya pak. Makasih

  19. Selamat malam pak. Maaf pak saya mau nanya bisa gak pak motor saya ini beli nya seken dengan org tpi daerah nya Banyuasin sedangkan saya di Palembang apakah bisa saya mutasi dipalembang. Dan persyaratan mutasi nya apa saja dan kena biaya nya brapa mutasi pak mohon ini informasi nya pak. Makasih

  20. Salam min sy mau tanya, sy kemarin jual kendaraan R4 plat B – Depok , lalu dimutasi ke jakarta pusat . Tetapi ditengah jalan si pembeli membatalkan transaksi, dan karna masi sayang mobil akhirnya sy balikin uangnya . Tp masalahnya berkas dr samsat awal (depok) uda dicabut , kondisi pajak kendaraan hidup sampai tahun depan. Sy sudah dapat surat batal cabut berkas dr samsat jakpus bahwa bpkb belum terdafatar di samsat manapun. Apakah sy perlu membayar pajak lagi didepok pas masukin berkas nanti? Karna pajaknya lumayan klo sy bayar, trus pajaknya masi hidup….

  21. Permisi mau nanya, saya mau balik nama. Tpi posisi mobil masih dalam perbaikan di bengkel? Apa bisa ya?? Soalnya kan harus cek fisik kendaraan. Trimakasih

  22. Om samsat online help infonya… saya mau mutasi dari plat W sidoarjo jatim ke plat B depok

    Yg jd kendala ktp saya pindah rumah ke depok blm terbit krn alasan blanko ektp habis, hrs nunggu di januari 2017, jd saya cuman pegang resi ektp dan surat kutipan dari dukcapil kl saya warga depok

    Kira kira bs tdk saya proses mutasi ini, krn katuh tempo akan habis di 17 desember ini, sdgkan ktp lama saya di sidoarjo sdh ditarik oleh oleh kelurahan

    Gmana solusinya ya Om ?

    Tks sblmnya

  23. Sudah 1 bln nunggu hasil berkas mutasi.sudah saya hub k samsatnya tp tdk ada balasan.bagaimana yah…?

  24. Slmt siang pak sya ada mutasi kenderaan dari solo ke bekasi kota tapi saya cabut berkasnya januari 2016.saya mau daftar bulan ini .apakah sda masalah karna keterlambatan pendaftaran mutasi masuk ? Dan kenana saya bawa berkasnya.kesamsat dulu atau ke polda duluan. Trmks bantuan infonya..

  25. Slmt siang pak saya ada mutasi kenderaan dari solo ke bekasi kota .saya sudah cabut berkas januari 2016. Rencana mau daftar bulan ini .apakah ada masalah ksrna keterlambatan pendaftatan mutasi masuk? Dan berkas tsbt di serahkan kemana ? Ke samsat dulu stau ke polda ? Ttmks

  26. Selamat pagi,sy mau nanya,sy mau cabut berkas dari pekanbaru/duri, pindah ke tantung pinang bintan itu butuh waktu berapa lama ya pak?,dan truck yg sy beli itu a/n cv dan sy a/n perorangan ,prosedur apa saja yg di perlukan

  27. Selamat malam samsat.
    td pagi saya mengurus jebol bendel,ganti plat dan balik nama dr gresik ke sidoarjo.sebelumnya pajak mobil kijang lsx thn 2000 pajaknya 2 jt itu pun kena progresif 1.padahal td pagi sdh di balik nama kok malah 2 jt 100. mohon pencerahannya.

  28. Pak saya mau tanya. Masa berlaku berkas cabut mutasi motor iru berapa bulan ya,misal berkas cabut sudah tahun kemarin apakah tahun ini masih bisa di mutasi masuk di kota tujuan? Atau harus ngurus lagi di kota asal?? Mohon pencerahannya..thnks

  29. Min, mu tanya,
    saya mau mutasi kendaraan dari jakarta ke Bekasi sekalian bayar pajak kendaraan bersamaan plat juga habis agustus 2017. dengan nama yg sama hanya pindah alamat saja,
    saya sdh bayar di loket Mutasi,lalu bayar lagi utk pajaknya,
    yg saya ingin tanyakan, nanti di samsat bekasi saya hanya bayar pajak atau ada pembayaran yg lain lagi?

Comments are closed.